BUMN, Asuransi, Investasi, Ekonomi, Teknologi

Bagaimana Cara Buka Rekening Saham Mahasiswa Tanpa Ribet?

Ini dia Cara Buka Rekening Saham Mahasiswa mudah Tanpa Ribet
Cara Buka Rekening Saham Mahasiswa Tanpa Ribet

Saat ini saham menjadi salah satu instrumen investasi yang paling menarik dan juga sudah mulai dijalankan banyak orang. Mulai dari kawula muda hingga orang dewasa sekarang sudah mulai melakukan investasi saham. Hal ini sebenarnya wajar saja karena seiring dengan berkembangnya dunia dan teknologi semakin memudahkan semua orang untuk melakukan investasi saham, termasuk juga mahasiswa asalkan anda mengetahui bagaimana cara buka rekening saham mahasiswa.

Syarat Dan Cara Buka Rekening Saham Mahasiswa Dengan Mudah

Nah untuk anda yang masih berstatus sebagai Mahasiswa atau pelajar yang ingin memulai Investasi, hal tersebut sah-sah saja dan bisa anda lakukan dengan mudah asalkan anda mengetahui bagaimana sih cara buka rekening saham mahasiswa. Berikut dibawah ini adalah langkah-langkahnya.

1. Siapkan Dulu Dokumen Pribadi

Cara buka rekening saham Mahasiswa tentu saja anda harus mempersiapkan terlebih dahulu dokumen pribadi. Memang dokumen pribadi ini harus disiapkan untuk anda yang ingin membuat atau membuka rekening jenis apa saja termasuk juga rekening saham mahasiswa.

Anda harus menyiapkan beberapa dokumen seperti NPWP, KTP dan juga menyiapkan KITAS. Untuk anda yang belum memiliki NPWP bisa menggunakan surat keterangan tidak memiliki NPWP. Siapkan juga materai 6000 untuk menjadi tanda sah.

2. Ketahui Beberapa Sekuritas

Berikutnya tentu saja anda juga harus mengetahui beberapa jenis sekuritas. Hal ini karena ada banyak sekali jenis-jenis sekuritas yang akan disajikan nantinya. Oleh sebab itu anda harus paham terlebih dahulu terkait macam-macam sekuritas termasuk juga kelebihan dan juga kekurangannya.

Sebagai seorang mahasiswa yang ingin membuat rekening saham, anda harus mencari tahu terkait sekuritas. Agar lebih mudah anda bisa menanyakan perihal seperti ini kepada saudara yang sudah ahli dalam dunia investasi saham.

3. Pilihlah Perusahaan Sekuritas Yang Tepat

Sayangnya, sampai saat ini masih ada banyak mahasiswa yang masih kurang mengerti terkait tempat atau perusahaan sekuritas mana yang bisa anda pilih untuk membuka rekening saham. Saat ini ada banyak sekali pilihan perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia, oleh sebab itu anda harus bisa memilih mana yang terbaik.

4. Mengisi Formulir Pembukaan Rekening Saham

Cara buka rekening saham Mahasiswa berikutnya tentu saja anda harus mengisi formulir pembukaan rekening saham Mahasiswa di tempat atau perusahaan sekuritas yang sebelumnya sudah anda pilih. Dimana pada dasarnya formulir ini dibagi menjadi dua yakni rekening efek eli dan juga rekening efek transaksi.

Dua jenis formulir ini dapat anda terima atau anda bayar dalam waktu jatuh tempo. Anda juga harus tahu bahwa terdapat rekening bank atas nama Investor yang sering dikenal dengan nama RDI. Rekening ini bertujuan untuk memisahkan dana dari nasabah dengan dana dari perusahaan efek.

5. Deposit Awal

Langkah terakhir, tentu saja anda harus melakukan deposit atau setoran awal. Setiap orang yang ingin membuka rekening saham tentu saja harus mengetahui jika masing-masing setiap perusahaan sudah menetapkan besaran dari deposit awal dari setiap pemilik rekening saham.

Setiap perusahaan sekuritas tentu saja juga mematok tarif deposit awal yang berbeda-beda. Ada yang hanya mematok Rp. 1.000.000, ada juga yang mematok hingga Rp. 10.000.000.

Nah itulah bagaimana cara buka rekening saham mahasiswa tanpa ribet, semoga informasi yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda yang ingin memulai investasi saham.

Posting Komentar